vb

.

.

.

“And I am fully in support of unfriending people in your life and I am fully in support of not returning fake smiles and if they call you crazy or mean, honestly–they don’t know what crazy or mean is.”

 

.

.

.

Mental Note: You need to read this. It makes you think, really. —☆ 

.

.

.

Hi!

It’s not like an usual me of posting Live Journal with serious topic. I know some of you are always waiting my new Live Journal to come, because you think it will be funny but today, you will read about how bad Bullying affected some of you. I do not want you to think, I write this because I don’t have nothing to do.

I write this, because I’m so concerned. And I am care for teenagers out there.

So today, it was like the other day–Gue pergi ke kampus, masuk kelas pagi dan sibuk namatin Gardening Mama di NDS gue. Gue ngomong sama beberapa orang tapi fokus gue tetep ke Gardening Mama, maklum kebun mawar dan kebun sayuran gue lagi panen berat, gue ga ingin perbincangan orang-orang membuat gue gagal panen, dan menjadi petani yang tidak kompeten di mata Mama (Kalo kalian penggemar Cooking Mama, kalian pasti tahu apa itu Gardening Mama dan sosok Mama yang matanya selalu keluar api kaya JinPatchi setiap kali kita gabisa masak atau berkebun #skip)

Karena gue badass dan jarak nunggu ke kelas berikutnya itu sekitar 3 jam, gue akhirnya milih ke perpustakaan——bukan buat belajar, tapi buat merawat kebun mawar dan kebun sayuran gue. (Sebentar lagi gue bakal jadi Farmer Of The Month, dan bakal dapet piagam dari Mama dan Papa /please google Gardening Mama if you clueless about what I was talking about/)

Pas gue lagi asik-asik menjadi Petani Teladan, tiba-tiba salah satu temen cowo gue dateng dan secara terpaksa gue harus menunda kegiatan gue untuk menyiram pohon Anggur dan tumbuhan kentang gue. Gue akhirnya ngobrol sama temen cowo gue ini, kita ngebahas Jakarta Fashion Week kemaren karena gue gabisa dateng, dan dia kebetulan jadi salah satu model runway disana. We’re f-ing good friends, bahkan hingga lahir sebuah quotes untuk gue di kalangan temen-temen gue “Sorry, I’m only friends with Models.”

Pas gue lagi asik-asik ngobrol sama dia, temen-temen gue dari semester satu dateng, akhirnya gue harus menghentikan talkshow gue dengan si model dan kegiatan bercocok tanam gue harus kembali tersendat. Gue akhirnya ngobrol sama temen-temen gue dari semester satu ini, sekarang gue udah semester lima–gue udah pisah kelas sama mereka dari dua taun yang lalu karena kita beda peminatan, mereka Public Relations dan gue Broadcasting.

Karena jadwal kuliah gue yang sibuk, akhirnya kita jarang ketemu, gue gatau apa yang terjadi dengan mereka. Untuk latar belakang, mereka bukanlah anak-anak populer, mereka bukan coverboy kaya temen gue tadi, dan mereka bukan berasal dari kalangan double digit. Intinya, gue ga nyangka kalo gue pernah deket sama mereka (deketnya gue itu, cuma sebates nanya tugas dan nitip absen, gue emang biadab HE HE HE)

Tapi disinilah cerita semuanya di mulai salah satu dari mereka curhat ke gue, sebut aja namanya Lea. Si Lea ini cerita bahwa dia merasa ga nyaman karena ada empat cewe di kelasnya yang nge-bully dia secara verbal maupun non verbal. Empat cewe ini merasa populer dan mereka mulai menindas si Lea ini. Asal kalian tau, Lea ini pinter banget dari smester 1 sampe semester 5, IP-nya selalu 4.00 alias SEMPURNA–MEN IP NYA SEMPURNA.

Lea ini juga orangnya gamacem-macem, ga nyolot, ga ngeselin, pendiem, dan apa adanya. Tapi empat cewe di kelas dia selalu nindes dia, mulai dari sengaja nyikut tangan dia, sampe ngebanting buku dan kena pelipis Lea ini. Lea ini awal masuk kuliah sangat polos, gimana ya–dia itu ke kampus cuma pake kaos sama jeans, sepatunya converse, pake tas ransel udah kaya mau study tour, rambutnya cuma di kuncir dan gapake make-up sama sekali–even bedak.

Lalu pas Lea mulai pake lipstik, rambutnya mulai di highlight, baju-bajunya jadi lebih modis—-Lea langsung di bully. WTF. Mereka mulai nyindir-nyindir Lea secara frontal, ngeliatin Lea dari atas sampe bawah terus ngomongin Lea di depan mukanya.

“Eh lo liat deh, apa bangetsih rambutnya sok badai.”

“Eh liat deh ke kampus aja rapih banget, sok rapih banget.”

“Eh sekarang dia pake lipstik, kaya tante-tante.”

“Yaelah kegatelan banget sih.”

“Kecentilah deh tuh anak sekarang, pinter ya pinter aja gausah sok gaul.”

dan beribu kata-kata bullying lainya.

Setiap kali Lea presentasi di depan kelas mereka bakal frontal ngeledekin Lea dengan ketawa-tawa di belakang, Lea sampe gaberani ngeliat mereka dan setiap kali di dalem kelas, Lea cuma berani natap ke bukunya dan nulis “Bismillah.”

Lea gaberani satu lift sama mereka, kalo ngeliat mereka, Lea lebih milih muter jalan. Kalo mereka ada di toilet, Lea gaakan berani masuk. Lea disini galebih dari orang yang takut sama setan, cuma yang ini setanya nyata. Setan kehidupan.

Bahkan sangking tertekanya Lea di setiap sholatnya selalu berdoa agar empat cewe itu berenti nindes dia. 

I was f-ing mad, gue sangat marah. Ngedenger itu gue ampir aja nyamperin mereka berempat buat nanya “Masalah lo apa? Kalo lo emang gasuka sama temen gue, jangan beraninya keroyokan. Sini lawan gue satu-satu.” sayangnya Lea ketakutan. Lea gamau dia makin parah di bully sama mereka.

Gue bukanlah orang yang solid banget sama temen, tapi pas denger temen gue digituin gue pasti bakal stand up buat mereka. Jangan karena mereka lemah atau cupu atau ga famous atau freak, ngebuat orang mikir bahwa fine-fine aja ngebully mereka. 

Gue adalah tukang bully, I was involved for many case of bullying or cyberbullying. Gue adalah penindas, selama ini gue selalu nindes orang. CyberBullying yang terakhir gue lakukan itu di ask.fm dan gue rasa kalian semua udah tau hal itu, sepanjang hidup gue, gue adalah orang yang akan selalu memulai acara bullying itu. Gue pernah ngebullying temen gue sampe dia di musuhin satu angkatan.

I know, I’m bad.

Sebelomnya gue mau cerita, ini kasus penindasan gue. Kejadianya semester lalu, gue satu kelompok sama cewe ter-freak di angkatan gue, dia cupu, dia freak, dia annoying, dia sok pinter, dan dia temenya cuma tembok. Di mata gue dia itu cuma debu-debu yang tak terlihat di kelas. Gue satu kelompok sama dia di kelas dimana gue harus buat film pendek dan presentasiin film itu ke sekolah SMA nantinya.

Cut to short, dia ngelaporin gue ke dosen kalo gue katanya ga ada kerjanya sama sekali alias gue cuma numpang nama. Padahal gue yang bikin film pendek, syuting di apartemen gue, talent-nya pake Dina x Dinda, semua biaya pengambilan gambar di tanggung sama gue sampe editing film—-DAN DIA BILANG KE DOSEN KALO GUE GA ADA KERJANYA SAMA SEKALI? Untung Ga gue tampar mukanya ke tempat sampah.

(Gue adalah orang yang sangat tempramental dalam hal-hal seperti ini, gue bisa jedotin kepala orang ke tembok dan gue bakal berpikir bahwa itu oke-oke aja, gue kesel, gue harus lampiasin kekesalan gue. Psikolog gue bilang, gabagus memendam emosi.)

Tapi gue masih berusaha bersabar dan bersikap dewasa, mungkin si freak ini gatau kalo yang lagi dia hadepin ini inang batak dengan marga Siregar.

Akhirnya sampailah kita, dimana kita harus presentasi ke sekolah SMA. Di perjalanan gue sama si freak ini berantem, karena dia dateng telat dan gue udah stay dari jam 7.  Gue sudah ngumpulin semua amarah gue ke dia, puncaknya pas dia nyolot dan gue gabisa di nyolotin, gue pengen jambak rambut dia cuma disitu ada Bang Ahmad, gue gabisa bertindak anarkis atau Bokap gue bakal mendeportasi gue ke pesantren karena udah menindas anak orang.

Akhirnya gue suruh Bang Ahmad (my lovely driver) buat berentiin mobilnya di atas jembatan layang, here’s some short conversation between me and si freak.

.

Gue: “Turun lo.”

Freak: “Kenapa? Gue salah apa?”

Gue: “Turun njing, ini mobil gue.”

Freak: “Gue salah apa?!”

Gue: “TURUN NJING INI MOBIL GUE, INI SUPIR GUE, INI BENSIN GUE, INI DUIT GUE. KALO GUE SURUH LO TURUN, YA TURUN! SAMPAH KAYA LO CUMA NGOTORIN MOBIL MAHAL GUE DOANG.”

Gue: “LO MAU TURUN APA MAU GUE JEDOTIN KEPALA LO KE ASPAL?!”

.

Gue meledak dan dia langsung ketakutan sampe nangis. Bang Ahmad natap gue horor, dia juga gakalah takutnya sama si freak ini, tapi karena otak gue lagi spaneng dan emang gue lagi pengen makan orang detik itu akhirnya gue bentak juga Bang Ahmad karena ngeliatin gue.

Gue: “Kenapa liat-liat? Lo mau turun juga? Biar gue yang nyetir.”

Dan abis itu Bang Ahmad langsung pura-pura amnesia dan buta. Si freak akhirnya turun, di tengah jembatan layang yang super tinggi dan gersang. Dia nangis, tapi pas mobil gue ngelewatin dia, gue buka kaca dan ngeludahin dia. I know it was bad, but it’s f-ing feel good.

Kalian pikir kisah kaya gitu cuma kejadian di FTV doang? Ngga, di dunia gue, itu beneran terjadi. Gue tau gue jahat, dan besoknya kabar fenomenal itu menyebar luas di kampus gue. Rumor mulai beredar, dari yang katanya gue ngedorong si freak ini dari mobil, terus ada kabar bahwa gue ngejedotin kepalanya ke kaca mobil, sampe ada yang bilang gue nyewa pengacara buat nuntut si freak ini.

But, kabar itu gaada yang terbukti. Cerita aslinya hanya gue dan si freak ini yang tahu. Tapi semua orang udah terlalu tenggelam dalam euphoria bahwa gue berhasil menindas si freak ini, karena semua orang emang gaada yang suka sama si freak ini. Setiap gue jalan semua orang bakal nyapa gue dan bilang;

“Gila cuma lo doang yang berani kaya gitu. Lo emang badass.”

Sejak saat itu si freak selalu mojok di kelas, dia gaberani natap mata gue, dia gaberani lewat depan gue, dan setiap dia lewat gue bakal teriak.

“Manusia tuh? Manusia kok kaya jenglot idup.”

Temen-temen gue bakal ketawa, sampai dia cuti. Di semester ini akhirnya dia memutuskan untuk cuti kuliah, karena gue. Karena dia gatahan sama gue, karena dia gatahan di bully gue. Dia cuti kuliah karena dia gamau sekelas lagi sama gue. Awalnya gue malah ketawa denger hal itu, tapi setelah kejadian Lea hari ini–gue jadi sedikit sadar.

Gue akan selalu dikenal sebagai orang yang menindas si freak sampe dia cuti, gue akan selalu menjadi penyebab utama kenapa si freak cuti kuliah. Saat gue denger kisah Lea, gue seakan mengaca pada diri gue sendiri–gue adalah jenis orang yang sama yang dibenci Lea karena ngebully dia.

Gue adalah orang yang sama, yang menatap bahwa  bullying itu adalah satu hal yang fine untuk dilakukan.

Lalu setelah itu gue cuma bisa diem pas Lea tanya kenapa beberapa orang suka menindas orang lain. Gue gatau alesanya, karena gue salah satu dari mereka. Gue gatau kenapa kita enjoy nindes orang padahal kita tahu hal itu salah dan ngebuat orang lain merasa terintimidasi dengan kehadiran kita.

Gue gatau apa yang dilalui si freak itu setelah kejadian fenomenal itu, gue gatau berapa kali dia berpikir bahwa dia emang sampah seperti yang gue bilang. Gue gatau berapa kali dia nangis di kamarnya setiap kali dia nginget humilation yang gue lakuin ke dia. Dan gue gatau berapa kali dia takut untuk kuliah karena ada gue disana, dan gue gatau seberapa banyak kekecewaan yang di dalam dirinya saat memutuskan untuk cuti kuliah dan ngebuang waktu berharganya selama satu tahun untuk menghindar dari gue.

For me that’s the worst thing I’ve ever done to someone.

We never know what they’ve been through, because some people are broken beyond repairs.

I’ve been thinking a lot for these past few hours, that bullying someone is not okay. Thinking you’re better than them, is also not okay. 

If you’re not okay with the idea of you being bullied, why would you think that someone will fine with that?

I’m changing.

Gue tau sebagian dari kalian akan nge-judge, sebagian dari kalian akan berpikir bahwa gue bener-bener evil. Semua orang selalu bilang gue antagonis, bahkan contact gue di salah satu hp temen gue namanya “Sonia Si Antagonis” ada beberapa yang namain gue Bawang Merah because I am so mean. Puncaknya, pas weekend kemaren sepupu-sepupu gue lagi nginep di apartemen gue, dan gue bilang apa gitu—salah satu dari mereka bilang “Waw, lo arrogant banget sekarang. Lo bener-bener jadi karakter antagonis di sinetron.” 

Semua orang setuju kalo ekspresi wajah gue itu sangat antagonis, mereka selalu bilang kesan pertama ngeliat gue itu– “Ini orang tatapanya arrogan banget, gue gamau urusan sama dia.” which is freaking true, I mean but in a good way lol.

Dan mungkin sebagian dari kalian akan memberikan komentar “Just because you’re pretty, rich, and smart doesn’t mean you can break other’s life.” 

I know.

Tapi yang ga kalian tau adalah bahwa kita punya alasan sendiri kenapa kita ngelakuin semua itu. Mungkin beberapa dari mereka merasa gapuas sama diri mereka sendiri, dan mereka mulai mencari kekurangan orang lain untuk membuat mereka merasa lebih baik.

Sometimes, I am the part of them.

And I’m sorry for breaking some people’s life.

Mungkin banyak dari kalian yang pernah merasa terintimidasi atau di bully. Banyak dari kalian yang cuma bisa pasrah karena gabisa melakukan apapun. You have to change. Kalian harus berani ngelawan, dan ngebuat mereka sadar bahwa bullying someone is not okay. Kalian harus berani speak up, kalian harus tahu bahwa bullying itu akan terus terjadi selama kalian membiarkan itu terjadi.

Dan bagi kalian yang suka menindas orang-orang dan membaca post-an ini, gue harap kalian cepat sadar. Seperti gue. Bahwa kalian gapernah tahu apa yang terjadi sama mereka setelah kita menindas mereka. Dan sekarang gue berusaha untuk menghilangkan citra gue sebagai seorang antagonis di pandangan temen-temen gue.

Finally finally truly beginning to realize, that the opinions of the people I wasted so much time on last semester really genuinely do not matter, because they are Sheep and I am a Lion to be honest.

And a Lion doesn’t lose sleep over the opinion of Sheep.

I did nothing wrong I’m a good person, and if people keep pushing their poison into your life– if you didn’t nothing wrong and your a good person then it’s not your fault and there’s nothing wrong with you.

You don’t have to talk to people you used to care about

You didn’t sign some contract to be open, pleasant, and loyal to everyone forever from the day you were born.

You don’t owe shit to anyone.

I am fully in support of looking straight through the motherfucker that wronged or bullied you like he/she isn’t even there when he/she tries talking to you when they need something.

And I am fully in support of not texting back and deleting people’s numbers, but I need you to know that you need speak up to be heard.

And I am fully in support of unfriending people in YOUR LIFE and I am fully in support of not returning fake smiles and if they call you crazy or mean, honestly–they don’t know what crazy or mean is.

 

p.s: you can share your story about bullying on comment’s section and i’ll see what i can do about that, for helping you to feel better. that you’re not alone🙂

 

p.p.s: I think I’m gonna write some self-help book, and how to cope with life.

One And Only,

First Lady

.

.

.

LOVE IT. MEAN IT. STOP BULLYING.

ijaggys

 

 

About IJaggys

Sorry, am I supposed to know who you are?

23 responses »

  1. Son, I know how it felt like to be that one victim when I was in Senior high school. Someone told all the students in my class and they avoided me. I know it would be like that, no wonder. She just a nice girl when you look at her at the first sight, a wide smile, white skin with hijab. Who would think about that?
    And I knew she’s the one behind it because she felt jealous of me, recently and I realized. I’m good at observing people, luckily. and I felt I want to slap her in front of many people but I didn’t. Until that day come and she asked forgiveness in frot of my class. People starting to confess to me about what she had talked behind my back. and I was smirking. I swear that was the happiest moment in my life that time. Is it evil if we feel happy when someone is being humiliated (by herself)? haha

    • IJaggys says:

      Some people started this on Highschool, others did on junior highschool. I was once a victim of my senior in junior highschool just because I wore mini skirt, and it feels good because everyone supporting me.

      I hope, everyone will do think that, just because you think you’re better than them doesn’t mean its okay to intimidated someone you know nothing about.

      • agree. I don’t know why but she always thinks that she’s better than me and I don’t deserves good grades and good university. I hate when people talk like what’s with the lipstick or the eyeliner. oh guys, that’s women’s nature rasanya gue pengen uwelin lipstik ke mulutnya aja. entah kenapa kadang gue bisa ngerasain bad vibe tentang seseorang yang terlihat baik di depan tapi di belakang bzzzzt banget sampe pengen gue siram.
        tapi yang jelas adalah gue bingung ngadepin orang tipe gitu, yg sebenernya ga sebaik itu tapi selalu dipandang manis oleh orang-orang. I swear, empet banget hahaha

      • IJaggys says:

        because the major of us (the bulliers including me) has the good reputation of being the cool kids or flawless beauty,we are all these like silky-haired, fair-skinned, skinny, incredibly intelligent, high-reaching, well-dressed, gorgeous girls. I don’t know but we are fricking dominant, and that’s what makes us today (being the bully)

  2. insan nurmala says:

    wah pengalamannya luar biasa ya.
    kalau aku sih di bully atau membulli juga pernah.
    dulu pas lgi mopd masuk SMA entah kenapa ada senior yg engga banget lah pokok nya.
    masa ia rok aku di gunting padahal rok aku itu gak pendek,terus semua temen aku tau ya kalau aku udah punya rambut pirang dari aku lahir tapi sekali lagi gak tau si senior ini ngenes sama aku atau gak tau ada faktor apa di balik sikap nya yg sok rapih itu,dengan seenak jidat nya dia,dia gunting rambut aku seenak nya.coba gak gendok gimana aku sama kelakuannya udah aku mohon mohon jan di gunting karna rambut aku ini alami pirang nya tanpa pewarna,aku juga mnta temen aku untuk jadi saksi kalau aku gak pernah warnain rambut.dia masih aja gak percaya.
    dan setelah mopd aku mutusin buat ikutan organisasi osis yg mana ada dia juga.
    pas naik kelas dua entah kenapa aku mendapat tempat sebagai ketua osis di sekolah.kkkkkk
    dan pas ada razia siswa,aku ikut serta berasama wakasek kesiswaan.nah pas masuj ke kelas senior yg nyebelin itu aku minta izin buat aku aja yg razia siswa cewe nya,dan kebetulan banget si senior itu pake rok nya tu gak rapi jadi di bilang rok pendek itu terlalu panjang dan di bilang rok panjang juga terlalu pendek,yaudah aku potong aja tu rok nya selebar mungkin kan enak.kkkk
    tapi dia nangis loh sampai orang tua nya dtang ke sekolah dan alhasil aku di labrak sama tuh tante tante rempong.
    aku sihh ia ia aja pas di marahin,tapi pas si tante nya pulang aku sindir aja tu si senior kaya gini “huhh dulu aja lu berani guntingin rok orang lain.disaat rok lu yg di gunting lu nagis dan nelpon mamah lu buat kesini,cemen lu sama junior aja kalah dasar anak mamih.
    aku tau disaat itu aku bad banget jadi siswa,aku terus nyindir dia sampe dia gak sekolah selama 1minggu dan pas dia mau UN karna dia kelas 3kan ya,dia minta maaf dengan alasan karna dia mau UN dan dia gak mau un nya terhambat oleh aku,padahal akukan gak ada hubungannya dengan un.kkkkkk
    dan alhasil aku cuekin dia pas mau minta maaf.
    heee itu cerita ku kak yg pasti gak seseru cerita nya kak son sih,kalau punya aku mah flat banget kan.kkkkkkkk

    • IJaggys says:

      I know some or whole of the story is bad, but it’s freaking good to point out that someone who was once bullied you is getting what they deserve. That’s a good point. Plus, we’re moving on, that’s all in the past.

  3. AtQiLa Lee says:

    Ceritanya menarik.. Banyak hikmahnya… Q juga pernah di bully. Di tempat kerjaku malah… Bhkan sampai q bener2 stress dan ingin keluar karna udah g kuat d sindir dgn kata2ny yg kasar di hadapan teman2ku secara lgsng dan lewat media sosial. Tapi ya mau gi mana lagi, q tak prnh mlkkn hal yg dia tudukan pdku,. Drpd pusing q blokir aj dia hahaha…karna Sebaik apapun orang,akan ad yg gak suka. Jdi mau kash seribu pembelaan , dia g akan mndngrkan.. Yah hikmhny plhlah tmn yg baik,dn jgn terlalu trbuka wlw dia sdah akrab. Kan gk mau kan di tusuk suatu saat🙂..

    • IJaggys says:

      The point is, you can’t just ignore their existence just to make you feel better but you need to stand up against them and prove them how shitty they are. But it’s up to you, everyone has their own way to solve their problem🙂

  4. mychococho says:

    awalnya sempet kaget sama judulnya, well yg ane tau kan sonia masternya bullying, kq tiba2 jadi duta anti bullying. setelah baca Taunya dapet pencerahan dari temennya toh… wahh emang bullying tuh serem, yahh walopun ane bukan korban apalagi pelaku pembully an. tapi tetep aja serem banyak yg bunuh diri krn gakuat dibully.

  5. Betesda Tarigan says:

    Jadi teringat masa2 gw smp dulu, gw jg sempat jadi korban bullying, jadi korban bullyan itu benar2 ga menenakkan, nangis tentu, gw bahkan pernah berniat pindah sekolah hanya karna masalah itu.
    Mungkin berawal dr sana emosi gw sampe sekarang jd sisah terkontrol, akibat dulu yg gaberani ngomong, tapi gw pernah baca, pada umunya pelaku pembullyan adalah org2 yg kutang mendapat perhatian dr otg tua, dan si korban adalah org yg dianggap “aneh” mungkin dr style dan pergaulannya ug kuper, bullyan emnag bisa menindas siapa saja, bahkan Miley Cyrus sendiri mengaku bahwa doi pernah jd korban pembuyan waktu di sekolah😦
    Tapi yg paling penting emang seperti yg first lady bilang, si korban seharusnya ya bisa melawan, dan ga hanya diam saat menjadi korban pembullyan. Nice artikel Son, thx

  6. onya says:

    soniaa, aku juga punya nama sama tp kita beda. km suka bulli aku sering di bully. ini kejadian pas waktu sd sih tp sampe sekrg tetep jd masa yg paling buruk. aku dlu trmasuk siswa plng pntr sih di sd, mslhnya cuma satu pas wktu ulngan aku gamau contekin jwbn. dan hasilnya dari kelas 4 smpe 6 aku di musuhin satu kelas, tp musuhinnya krna ada satu provokatornya di klas. mulai dr ga ngjak ngmong, being alone everyday lah di kelas, dan lbh paarah sering di lempar pnghapus papan, kapur dan kemoceng. dan itu buat trauma sndri buat aku smpe kuliah ini. dan aku jd pribadi yg ngga bnyak omong depan kelas, susah adaptasi, dan ngerasa takut buat bicara dpan umum. :)))))

    • IJaggys says:

      Hi, first I do not want you to think that I’m still a bulliers (sometimes I still am) in my opinion, its fricking annoying to have that one-smart friend who wouldn’t share what they are capable for to anyone. People hate stingy person. Kids hate the smartest kid who doesn’t want to share the cheat sheet.

      But in other side, its your f-ing choice to share what you have and what you don’t. It’s not your fault. It’s never your fault. I hope you don’t give a shit to this past case again, I do not want you to feel intimidated by your insecurities and stopping you for doing what you want.

      Because I would so much rather surround myself with people who don’t even go to college or who are majoring in something that other people would call “dumb” or “a waste of money” than surround myself with people who think they have the right to call someone dumb because of the school they go to or the major they’ve chosen

      Like I’m pretty tired of hearing passive aggressive stuff about the people that i’m friends with, saying that they’re not like ~deep~ enough for you to get along with because they don’t go to an ivy or something

      I’d so so so much rather be around them because at least they’d never say something like that about other people… and honestly this elitist bullshit will leave you incredibly lonely and generally disliked one day if it hasn’t already.

  7. dini triana says:

    Aku waktu sd sering dibully sampe nangis terus pernah dikelas ditinggalin sendiri sakit hati sih /pasti/ makanya sampe sekarang inget Eh pas sma sekelas sama Yg ngebully itu Tp yaa kita jd lumayan deket lah. Dan pas sma juga Aku pernah ngebully org haha Tp itu gara2 dia Nya omongnya suka ceplas ceplos sekelas jg pada gasuka jd kita ngejauhin dia dan kadang kita suka nyindir omongan dia Yg dulu pernah bikin kita sakit hati dn entah kenapa itu rame bgt haha Tp sekarang kita udh jd cees Lg dan gapernah ngomongin masalah itu kaya gapernah terjadi apa apa padahal dulu kalo Lg ngumpul hobinya ngomongin dia terus ㅋㅋㅋ

  8. applepuu says:

    Tepuk tangan buat Sonia yg berubah menjadi lebih baik…
    Ak ga ad pengalaman ngebully atau dibully sih.. Tp adek aku sempet jd korban bully. Karna dia diem dan penakut. Waktu SD ada temennya dia yg selalu minta uang jajan. Dan selalu nyuruh adek aku untuk gantiin dia pas dapet jatah piket kelas. Thats why my brother always late come home. Sampe adek aku bohong pura2 sakit biar ga masuk sekolah. Dan mama membaca gelagat yang aneh, ahirnya mama bicara 4 mata sama adek. Dan ahirnya ngaku kalo jd korban bully gitu. Mama maju ke sekolah ngobrol sama guru, tp guru malah cm anggep enteng, cm anggep itu “kenakalan anak2” dan janji palsu doang mau nasehatin si bully. Bbrp wkt kmdian, hal itu masih berlangsung, ahirnya mama dateng ke sekolah, bicara langsung ke si bully, dan si bully malah nangis. Ternyata ga cm adek aku aja yg jd korbannya. Temen2 yg lain jg jd korban, tp malah diem & orgtuanya ga peka.

  9. rizkyesungie says:

    bentar kak gue nyoba komen. njir tiap komen kagak bisa ngepost sampe bikin email banyak gue -__-

  10. riidaumala says:

    aku termasuk orang yang acuh/tidak terlalu peduli sama orang baru kenal, tapi kalau udah kenal aku bakal jadi cewek bermulut banyak. ngga bisa berhenti nggomong sebelum stock cerita dari jaman sd smpe sekarang diceritain semua. dan ada satu orang baru yang tiba tiba dateng, aku jarang nyapa, senyumpun kadang kalau lagi mood aja. dan itu bukan berarti aku ngga welcome kan sama dia? dan mungkin karena itu juga dia mulai sesumbar kalau aku itu sadis. aku nggak minjemin benda pecah belah untuk makan (ceritanya di kost) aku membatasi pemakaian listrik. well, serius itu fitnah. tp waktu itu aku langsung konfirmasi ke dia. dia cuma senyum senyum ngga jelas dan bikin alasan muter muter. yang malah intinya jadi aku yg korban bully. dan sampai skrng msh bingung, sikapku yg kadang mood mood an (kadang kalau diajak ngomong bahkan ngga liatin orang nya, tiba tiba ngediemin orang meski ngga ada salah dan bikin orang takut ngajak ngomong aku , sering ngomongin kejelekan pihak A ke B sampai bikin si B ikutan kesel) apa termasuk bully juga? aku ngga pakai kekerasan, ngga maki-maki, tapi aku ngerasa apa yg aku lakuin salah.

    soal “Mungkin beberapa dari mereka merasa gapuas sama diri mereka sendiri, dan mereka mulai mencari kekurangan orang lain untuk membuat mereka merasa lebih baik.” sometime, yeah its me. tapi serius, aku ngga pernah merasa lebih baik setelahnya. aku selalu mikir, dosa gue ngelakuin itu.

  11. ifaraneza says:

    yup setiap orang itu pasti punya dark side nya masing2. Honestly, me too. stiap orang yang liat aku pasti kesan pertamanya orang ini pendiem, ga neko2, dan yang pastinya itu semua salah.
    aku itu talkative, paling ga bisa diem kalo suasana udah mulai sepi.
    dan jujur aku juga pernah bikin satu orang dibenci sama anak2 satu kelas.
    dan ada kejadian yang terlalu panjang buat dijelaskan, yang membuat kita baikan. pas acara perpisahan SMA kita pelukan, minta maaf, dan nangis bareng. alay emang -___-v

    sekitar sebulan kemudian aku masuk camp untuk persiapan tes masuk PTN. disana awalnya aku enjoy2 aja sama anak2nya. sampai pas H-7 sblm aku cabut dari camp itu, aku ngerasa anak2 pada ngejauh. aku gatau alasannya sampai sekarang, bahkan ketika aku tanya mereka apa salah aku mereka cuman jawab mereka ga marah sama aku. untungnya itu cuman 3 hari karena di hari ke-3 aku udah gatahan, aku nangis di toilet trus curhat sama temenku yg masih negur aku dari sekian banyaknya yang ngucilin aku. akhirnya aku pura-pura sakit dan gajadi ikut try out, meskipun ujung2nya tetep sakit juga sih.. temen sekamarku langsung panik, dia langsung balik ke kamar dan ngeliatin aku. dari situ anak2 mulai care lg sama aku. sayangnya pas aku nangis di toilet itu aku sempet sms nyokap dan minta pulang meskipun aku ga sebutin alesan sebenarnya dan beruntungnya aku udah lulus SNMPTN jadi gaperlu ikut camp itu sampe hari ke-40.

    disitu aku mulai mikir. Karma itu ada🙂

  12. xoloveme says:

    Terus setelah elo tersadar, apa elo minta maaf ke dia? Atu seenggaknya ngejelasin kenapa elo bisa sampe gitu ke dia? Seenggaknya kalo elo tersadar, elo bisa juga kan buat si freak itu tersadar kalo beberapa sikap si freak itu ga bisa diterima sampai akhirnya jadi bullying karena emosi membuncah?

    Sakit tau dibully, dan elo gak akan pernah mau tau rasanya.

    • IJaggys says:

      And who the fuck are you? And who in the fuck i should care with your pointless opinion?

      If you are a victim of bullying you should talk this to people who bullied you.

      Last, you’re just another silent readers who showed up at times like this. SURE your opinion doesn’t fucking matter for me.

  13. hyunsoo28 says:

    What an amazing story
    Awalnya ga nyangka loh km gtu tp baca trs smpe akhirr yeeiy seneng deh sonia sdh dewasa dan mengakui itu buruk dan mau berubah
    hebat bgt ituu
    cerita kaya gini hrs byk disebar bwt para pendosa yg msh belom sadaar
    semoga tulisannya slalu bermanfaat yaaah

Leave a Reply

